Managemen berasal
dari Bahasa inggris yaitu “administratie” yang berarti tata-usaha. Menurut Leonard
D. White, managemen adalah segenap proses, biasanya terdapat pada semua
kelompok baik usaha negara, pemerintah atau swasta, sipilau militer secara
besar-besaran atau secara kecil-kecilan. Sedangkan menurut The Liang Gie
management adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama
sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu. Mulyani A. Nurhadi juga
mengemukaan mengenai managemen adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan
yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang
tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yag
telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien. Sehingga managemen
pendidikan adalah rangkaian segala kegiatan yang menunjuk kepada usaha
kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah
ditetapkan.
Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan
1. Berdasarkan
Wilayah Kerja
Ruang
lingkup berdasarkan wilayah kerja dapat dibedakan menjadi:
a)
Manajemen pendidikan di satu negara atau tingkat nasional,
menangani pelaksanaan pelatihan pendidikan di dalam sekolah dan luar sekolah,
termasuk penyelenggaraan pelatihan, pengayaan penelitian, maupun pendidikan
yang meliputi kebudayaan dan kesenian secara nasional
b)
Selanjutnya manajemen pendidikan dalam satu provinsi, ruang
lingkupnya meliputi wilayah kerja sebatas provinsi saja dan pelaksanaannya
dibantu oleh petugas yang berada di kabupaten dan di kecamatan
c)
Manajemen pendidikan dalam satu kabupaten/ kota, ruang
lingkupnya meliputi wilayah kerja satu kabupaten atau satu kota saja
d)
Manajemen pendidikan satu unit kerja, ini hanya menititik
beratkan pada satu unit kerja yang langsung dalam menangani pekerjaan mendidik
e)
Kegiatan terkecil dalam manajemen bidang pendidikan adalah
manajemen kelas.
2. Berdasarkan
Objek Garapan
Ruang lingkup berdasarkan ojek garapan dapat
dibedakan menjadi:
a)
Manajemen siswa
b)
Manajemen personil-personil dalam sekolah
c)
Kurikulum dalam sekolah
d)
Manajemen prasarana/ material
e)
Manajemen Tata Usaha Sekolah atau Tata Laksana pendidikan
f)
Pengaturan Anggaran pendidikan
g)
Manajemen lembaga atau organisasi pendidikan
h)
Manajemen hubungan masyarakat atau manajemen kominikasi
pendidikan.
i)
Kepemimpinan dan supervise pendidikan
3. Berdasarkan
Fungsi
Ruang lingkup berdasarkan fungsi atau urutan
kegiatannya dapat dibedakan menjadi:

a)
Merencanakan
b)
Mengorganisasikan
c)
Mengarahkan
d)
Mengkoordinasikan
e)
Mengkomunikasikan
f)
Mengawasai ataupun mengevaluasi
4. Berdasarkan
Pelaksana
Dalam
lingkungan kelas, guru adalah administrator, guru harus melaksanakan kegiatan
management. Di lingkungan sekolah, kepala sekolah adalah administrator. Dengan pengertian
bahwa management adalah pengelolaan, management, maka kepala sekolah bertindak
sebagai manager di sekolah yang dipimpinnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar