Senin, 23 Maret 2020

KONSEP DASAR MANAGEMEN PENDIDIKAN


Managemen berasal dari Bahasa inggris yaitu “administratie” yang berarti tata-usaha. Menurut Leonard D. White, managemen adalah segenap proses, biasanya terdapat pada semua kelompok baik usaha negara, pemerintah atau swasta, sipilau militer secara besar-besaran atau secara kecil-kecilan. Sedangkan menurut The Liang Gie management adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu. Mulyani A. Nurhadi juga mengemukaan mengenai managemen adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yag telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien. Sehingga managemen pendidikan adalah rangkaian segala kegiatan yang menunjuk kepada usaha kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

1. Berdasarkan Wilayah Kerja

Ruang lingkup berdasarkan wilayah kerja dapat dibedakan menjadi:
a)       Manajemen pendidikan di satu negara atau tingkat nasional, menangani pelaksanaan pelatihan pendidikan di dalam sekolah dan luar sekolah, termasuk penyelenggaraan pelatihan, pengayaan penelitian, maupun pendidikan yang meliputi kebudayaan dan kesenian secara nasional
b)       Selanjutnya manajemen pendidikan dalam satu provinsi, ruang lingkupnya meliputi wilayah kerja sebatas provinsi saja dan pelaksanaannya dibantu oleh petugas yang berada di kabupaten dan di kecamatan
c)       Manajemen pendidikan dalam satu kabupaten/ kota, ruang lingkupnya meliputi wilayah kerja satu kabupaten atau satu kota saja
d)       Manajemen pendidikan satu unit kerja, ini hanya menititik beratkan pada satu unit kerja yang langsung dalam menangani pekerjaan mendidik
e)       Kegiatan terkecil dalam manajemen bidang pendidikan adalah manajemen kelas.

2. Berdasarkan Objek Garapan

Ruang lingkup berdasarkan ojek garapan dapat dibedakan menjadi:
a)       Manajemen siswa
b)       Manajemen personil-personil dalam sekolah
c)       Kurikulum dalam sekolah
d)       Manajemen prasarana/ material
e)       Manajemen Tata Usaha Sekolah  atau Tata Laksana pendidikan
f)        Pengaturan Anggaran pendidikan
g)       Manajemen lembaga atau organisasi pendidikan
h)       Manajemen hubungan masyarakat atau manajemen kominikasi pendidikan.
i)        Kepemimpinan dan supervise pendidikan

3. Berdasarkan Fungsi

Ruang lingkup berdasarkan fungsi atau urutan kegiatannya dapat dibedakan menjadi:
a)       Merencanakan
b)       Mengorganisasikan
c)       Mengarahkan
d)       Mengkoordinasikan
e)       Mengkomunikasikan
f)        Mengawasai ataupun mengevaluasi

4. Berdasarkan Pelaksana

Dalam lingkungan kelas, guru adalah administrator, guru harus melaksanakan kegiatan management. Di lingkungan sekolah, kepala sekolah adalah administrator. Dengan pengertian bahwa management adalah pengelolaan, management, maka kepala sekolah bertindak sebagai manager di sekolah yang dipimpinnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JENIS TENAGA PENDIDIKAN, PENGADAAN, PENGANGKATAN, PENEMPATAN, DAN PEMBERHENTIAN TENAGA DIDIK

  JENIS TENAGA KEPENDIDIKAN ·          Tenaga kependidikan terdapat di jalur pendidikan sekolah dan di jalur pendidikan luar sekolah. ...